Pay less. Get more.

Cara Menghitung Suku Bunga Deposito

03 September 2012  | BeritaTerkiniOnline

Bagaimana cara menghitung suku bunga deposito? Untuk Anda yang ingin memasukkan sejumlah uang ke bank dalam kurun waktu tertentu tentu mengharapkan bunga yang kompetitif yang bisa Anda dapatkan sebagai imbalan menyimpan uang. Tidak jarang, mereka yang memiliki uang besar, memilih menyimpannya sebagai deposito dibandingkan membuka bisnis penuh resiko. Uang tetap aman namun dapat penghasilan tambahan dari bunganya.

Namun terkadang ada juga kesalahan dalam menghitung bunga deposito, karena secanggih apapun komputer yang digunakan human error bisa saja terjadi. Walau kesalahan yang terjadi sangatlah minim, tentu Anda tetap harus memahami dengan baik bagaimana cara menghitung suku bunga deposito milik Anda sendiri.

 

Perhitungannya meliputi pengalian antara nominal tabungan dan bunga deposito yang diberikan serta jumlah hari dalam satu bulan dan 80% pajak dibagi 365 hari.Bunga deposito(Rp) = Nominal (Rp) x bunga deposito(%) x Hari dalam 1 bulan x 80%(pajak) 365. Perhitungan ini digunakan oleh semua bank. Untuk memastikan hitungan Anda benar, sebaiknya sebelum melakukan deposito Anda harus tahu dulu berapa bunga yang diberikan pada nasabah deposito. Setiap bank tentu memberikan bunga yang berbeda-beda. Anda bisa memilih suku bunga yang paling tinggi namun juga Anda bisa memilih yang terendah namun merasa aman melakukan transaksinya. Pilihan ada di tangan Anda.

 

Setiap bank memiliki kebijakan dalam menentukan jumlah bunga yang diberikan, demikian juga Anda bisa menentukan pilihan bank mana yang akan menyimpan uang Anda. Namun, satu hal yang pasti adalah dengan memahami perhitungan deposito maka Anda akan terhindar dari kerugian akibat kesalahan hitung hak Anda.

Jika Anda memilih satu bank dengan nilai bunga terendah namun Anda akan menyimpan uang dalam jumlah yang sangat besar, sebetulnya Anda bisa melakukan negosiasi agar nilai bunga yang diberikan bisa meningkat. Negosiasi ini bisa dilakukan dan pihak bank akan mempertimbangkannya dikarenakan jumlah uang yang akan Anda simpan, namun tentu saja tidak akan melebihi ketentuan dari BI. Nah, selamat mendepositokan uang Anda.


Source

Jadi yang pertama menulis komentar
Miss Diskon Miss Diskon
16 April 2013
Tips Pengajuan KPR - bagian 3 (habis)
Proses KPR Setelah Anda selesai mengerjakan pekerjaan rumah di atas dan sudah mendapatkan rumah yang cocok, berikut langkah-langkah ... Produk lain »

'Suka' Moneyblog ini
3
'Tidak suka' Moneyblog ini
Miss Diskon Miss Diskon
27 March 2013
Tips Pengajuan KPR - bagian 2
Pembiayaan Nah, sekarang penulis akan masuk ke bagian lainnya yang penting dalam pengajuan KPR, yaitu pembiayaan. ... Produk lain »

'Suka' Moneyblog ini
3
'Tidak suka' Moneyblog ini
Miss Diskon Miss Diskon
10 March 2013
Tips Pengajuan KPR - bagian 1
Rumah adalah salah satu kebutuhan pokok kita. Rumah berfungsi sebagai tempat berlindung bagi keluarga dan pusat dari aktifitas keluarga sehari-hari. Oleh ... Produk lain »

'Suka' Moneyblog ini
6
'Tidak suka' Moneyblog ini
1